Cari Blog Ini

Selasa, 15 Februari 2011

Virus merah jambu di Jepang

Selamat buat para pembaca sekalian yang sudah menerima kado spesial valentin. Pasti senangkan dapat kado spesial.

Sayangnnya nih valentin tahun ini aku gak dapat kado apapun dari siapa pun. Buat kalian yang bernasib sama denganku gak perlu bersedih hati, apa lagi sampai kecewa. Aku yakin masing-masing dari kita punya rejeki yang udah diatur sama Yang Maha Kuasa.

Hufff, baru sadar deh kalo aku gak pernah dapat kado valentin dari siapapun seumur hidupku. Secara umum aku gak bangga atas hal itu, justru aku merasa sebaliknya, namun mau dikata apa, seperti yang uda aku bilang, rejeki itu diatur tuhan.

Berhubung kemarin Valentine Day, aku mau ngobrolin soal cinta nih. Tapi bukan berarti aku seratus persen Pro dengan perayaan hari valentin lho. Akan ada beberapa catatan yang bakalan aku tulis tentang perayaan ini.


Seluruh dunia merayakan hari valentin. Untuk merayakan valentin ada banyak cara. Salah satunya memberi coklat untuk orang yang kita anggap spesial. Menurut aku sih kasih coklat gak harus pas hari valentin. Romantis-romantisan juga gak hanya da di hari valentin doang kan. Tapi, menurutku, dengan adanya hari yang spesial ini. sebuah ungkapan cinta akan menjadi lebih terkesan.


Di Jepang perayaan Valentin sedikit berbeda dengan negara kita. Bedanya cuma diaturan mainnya aja (maksudnya...?). Memang benar, tanggal 14 February adalah hari valentin, dan sebagian besar masyarakat jepang juga merayakannya.
Menjelang Valentin, akan banyak ditemui penjual coklat. Tapi anehnya kebanyakan yang beli adalah cewek.

Tradisi valentin di jepang memang berbeda dengan negara-negara lain. Pada hari valentin, cewek- cewek jepang memberikan coklat pada cowok yang mereka sukai atau kepada kekasih mereka. Beruntung banget buat cowok popular yang ada di jepang, mereka pasti kebanjiran coklat.

Trus cowoknya ngapain aja pas valentin?
 Sepengetahuanku, tepat sebulan setelah valentin, yaitu tanggal 14 Maret, di jepang ada istilah White Day. Di hari itu lah mereka membalas coklat yang telah mereka terima.Karena jeda antara Valentine Day dan White Day itu sebulan, cowok-cowok jepang jadi punya banyak waktu buat nyiapin hadiah dan memikirkan siapa yang pantas mendapatkan hadiah balasan. Hadiah White Day ini bisa barang apa aja, namun umumnya mereka memberikan Candy. Jika Valentin diramaikan coklat maka White day diramaikan Candy.

Bidaya jepang yang satu ini boleh kita tiru, boleh enggak. Perayaan valentin ini memang ada plus minusnya. Trgantung bagaimana diri kita menyikapinya. Saranku sih, kalo emang pingin meramaikan valentin, jangan cuma sama pacar aja , anak panti asuhan dan anak jalanan gak akan nolak coklat atau permen dari kalian, Bahkan valentin ini bisa jadi momen untuk reuni bareng temen lama atau kita bisa candle light diner bareng keluarga.

Manusia adalah makhluk yang penuh cinta. Cinta akan sangat bermakna jika cinta itu dilandasi cinta kepada si pemilik segala cinta yang ada di jagat raya ini.

Tidak ada komentar: